Arsip Kategori: BERITA BP4D

Kabupaten Belu Deklarasi Bebas Buang Air Besar Sembarangan ODF

Deklarasi ODF merupakan pernyataan desa yang mana desa tersebut telah bebas dari perilaku buang air besar di sembarang tempat, artinya seluruh masyarakat desa tersebut tidak ada lagi yang BAB sembarangan, hanya BAB di jamban.

Tujuan ODF adalah untuk menyatakan bahwa desa tersebut sudah bebas dari perilaku buang air besar di sembarang tempat.

Tetapi dalam kenyataannya Kabupaten Belu Masih terdapat Desa yang belum Bebas Buang Air Besar Sembarangan, masih ada masyarakat yang belum meliki jamban, maka dari itu pada tanggal 14 September 2022 Pemerintah Kabupaten Belu bersama kepala desa dan stakeholder melakukan  Deklarasi penandatangan Komitmen Bebas Buang Air Besar Sembarangan serta membuat perencanaan pembangunan jamban masyarakat. hal ini bertujuan agar  terbebasnya masyarakat dari perilaku buang air besar di sembarang tempat (ODF)

Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Tahun 2021

Pelaksanaan Kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Belu Tahun 2021-2026, bertempat di Aula Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Belu, Jam 09:00 Wita s/d Selesai. Kegiatan dibuka oleh Bapak Wakil Bupati Belu Drs. Aloysius Haleserens,MM.

Dalam kegiatan tersebut Pengantar kegiatan tersebut di bawakan oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Belu Bapak Frans Manafe, S.PI, dan Kepala Plt. BP4D Kabupaten Belu sebagai Pemateri.

kegiatan konsultasi Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Belu Tahun 2021-2026 dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom dengan peserta dari OPD se Kabupaten Belu, Tokoh Masyarakat dan Pemerhati di Bidang Sumberdaya Manusia, Pemerhati Lingkungan dan Pmerhati Pertanian dan Peternakan.

Untuk mendapat masukan dari OPD, tokoh masyarakat dan para pemerhati dilakukan sesi diskusi yang dimoderatori oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan BP4D. Kab. Belu

Tujuan dari diadakan kegiatan tersebut adalah untuk mempertajam Rancangan Awal RPJMD kabupaten Belu yang telah disusun oleh TIM RPJMD pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Belu, dengan mendengar masukan pendapat dari OPD, Tokoh Masyarakat serta para pemerhati. masukan yang disampaikan oleh OPD, Tokoh Masyarakat serta para pemerhati sangat membantu dalam penyempurnaan dokumen RPJMD Kabupaten Belu Tahun 2021-2026.