Arsip Kategori: Profil Daerah 2019

Profil Daerah 2019

Semakin  maju  suatu  negara/daerah, semakin  tinggi  tuntutan  terhadap penyediaan  data  dan  informasi  yang akurat.  Berdasarkan  asumsi  tersebut, urgensi  penyediaan  data  menjadi  sejalan dengan  akselerasi  pembangunan  yang dilaksanakan suatu daerah.
Penyediaan  data  dan  informasi  oleh pemerintah,  merupakan  upaya  yang ditempuh untuk mewujudkan akuntabilitas publik serta membangun citra pemerintah yang  bersih,  berwibawa,  dan bertanggungjawab.  Manajemen  data  dan informasi dalam suatu pengelolahan basis data  yang  terintegrasi  akan  memudahkan berbagai  pihak  mengetahui  potensi  dan permasalahan di suatu daerah.
Peranan data dan informasi bagi instansi pemerintah sangat vital dalam proses penyusunan program dan anggaran, selain itu data dan informasi merupakan komponen penting dalam penyelenggaraan pembangunan. Data dan informasi digunakan mulai dari tahap perencanaan, penganggaran, implementasi sampai dengan evaluasi program atau pengukuran pencapaian kinerja pembangunan.
Para pengambil keputusan atau perencana membutuhkan data dan informasi dalam rangka menyusun perencanaan terkait upaya pencapaian tujuan organisasi, sehingga pengelolaan data dan informasi menjadi sangat penting pada setiap perangkat daerah.

Selanjutnya informasi yang berkualitas dapat memberikan kontribusi yang sangat penting terhadap proses penyusunan program dan anggaran OPD pada masa kini. Dengan pengelolaan yang baik serta didukung teknologi terkini, data dan informasi dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan.

Lanjutkan membaca Profil Daerah 2019